Cara Mencegah Virus Komputer

Sebagai pengguna komputer, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar komputer kita terhindar dari infeksi virus.
1. MENGINSTALL ANTIVIRUS
Menginstall antivirus merupakan hal wajib yang harus kita lakukan. Dengan demikian komputer kita mempunyai perlindungan dari ancaman virus. Namun perlu kita ketahui bahwa menginstall antivirus belum menjamin komputer kita akan bebas dari ancaman virus. Saat ini banyak antivirus yang beredar di pasaran yang cukup andal, antara lain : AntiVir, McAfee VirusScan, Norton AntiVirus, dll.

2. UPDATE DATABASE PROGAM ANTIVIRUS SECARA TERATUR
Ratusan virus baru dapat muncul setiap bulannya. Virus baru tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk menghindar dari pantauan antivirus. Karena itu kita harus meng-update database dari antivirus yang kita gunakan. Update database tersebut diperlukan agar antivirus kita mampu mengenali virus-virus yang baru muncul. Database terbaru antivirus dapat kita lihat dan Download di website pembuat antivirus yang kita gunakan.

3. BERHATI-HATI MENJALANKAN FILE BARU
Tidak semua file yang kita Download itu aman, jadi untuk kita harus berhati-hati dalam membuka file tersebut. Sebaiknya kita men-scan terlebih dahulu file tersebut sebelum menjalankannya. Atau jika kita ragu-ragu lebih baik dihapus saja.

4. MEWASPADAI KERUSAKAN SEJAK AWAL
Bila komputer kita mulai menunjukkan hal-hal aneh,misalnya harddisk yang tiba-tiba penuh, kecepatan menurun, muncul masalah pada program,dsb, ini mungkin gejala bahwa komputer kita telah diinfeksi virus. Bila ini terjadi kita harus waspada sejak awal.

5. MEMBUAT BACKUP DATA SECARA TERATUR
Bila komputer kita berisi data-data yang penting kita perlu membuat backup untuk file-file tersebut secara teratur. Dengan demikian, bila komputer kita terserang virus, kita tidak kehilangan data/file penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Windows 7 Build 7600

Tips Merawat Memory Komputer